Berita Terbaru

20090816

Serat, Hadang Asma dan Diabetes

JAKARTA--Mengonsumsi makanan kaya serat terbukti memacu kekebalan tubuh dan juga mencegah penyakit seperti asma, diabetes dan nyeri sendi. Demikian laporan singkat yang diterbitkan Jurnal Nature baru-baru ini.

Saat Anda mengonsumsi makanan kaya serat, dalam usus terjadi proses konversi yang dilakukan bakteri baik untuk mengubahnya menjadi asam lemak tak jenuh, nantinya asam lemak ini akan mencegah terbentuknya bibit penyakit dalam tubuh.

"Hal terpenting yang berhasil yang kami kerjakan adalah kami meyakini molekul yang dimaksud berhubungan dengan serat dan mikroorganisme yang berada dalam usus sebagai respon sistem kekebalan tubuh," tegas Professor Charles Mackay seperti yang dilansir AFP, Jumat (30/10).

Mackay juga meyakini mengganti pola makan yang serba instan akan menurunkan jumlah kasus asma, diabetes tipe satu dan penyakit yang mengancam sistem kekebalan tubuh."Kini kita memiliki mekanisme biologis yang akan menjelaskan bagaimana mengonsumsi serat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh," tegasnya.

Melalui Asam lemak ini, serat kasar (viscous fiber) menghambat lewatnya glukosa melalui dinding saluran pencernaan menuju pembuluh darah. Namun, beberapa ahli meyakini bahwa perbaikan yang berarti pada pengendalian kadar gula darah hanya dapat dicapai dengan pemberian secara hati-hati suplemen serat dosis tinggi, hal ini tidak dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Meski begitu American Diabetes Association merekomendasikan kecukupan serat per hari bagi penderita diabetes. Pada rekomendasi yang baru, kecukupan serat pada penderita diabetes turun dari 40 gram menjadi 20-35 gram per hari yaitu ukuran yang sama dengan kecukupan untuk orang yang bukan penderita diabetes. cr2/rin

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur
JUAL ECERAN DAN GROSIR PRODUK PERNAK PERNIK UNIK BISA UNTUK HADIAH, HIASAN ATAU DIJUAL KEMBALI ... PASTI MENGUNTUNGKAN, Kunjungi situsnya: PERNAK PERNIK UNIK.

Bisnis Pulsa Paling Mudah Bonus Besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat