Berita Terbaru

20100107

Makanan-makanan ANTI Stress


Pernah stres? Stres sudah menjadi bagian dari masyarakat kita sekarang, terutama bagi masyarakat yang hidup di kota-kota besar (yang masuk dalam kategori Metropolitan). Berbagai masalah yang menyebabkan stres dapat dengan mudah ditemui di kota-kota ini.
Bagaimana solusinya? sering kali tangan kita akan meraih es krim atau kembang gula yang manis untuk segera meredakan stres. Tapi akibatnya, tentunya banyak orang tidak ingin merasakan akibat yang muncul gara-gara makanan manis yang tinggi kalori ini. Mungkin Anda tidak percaya, bahwa ternyata cara terbaik untuk mengatasi stress adalah dengan membantu otak kita agar bergerak lebih tenang dan sabar.

Daging ayam bakar dan sapi
Ayam bakar akan memberikan protein yang baik. 200 gram protein akan membantu otak membuat dopamin dan norepinefrin, senyawa kimia alamiah dalam otak yang akan membuat anda tetap awas, demikian menurut Judith Wurtman, Ph.D., penulis buku The Serotonin Power Diet. Sedangkan daging walau mengandung lemak, tapi juga mengandung vitamin B, zat besi dan zat seng yang sangat kaya sehinga baik untuk Anda yang sedang stress. 


Kacang almond
Kacang lezat ini memiliki khasiat anti stress yang luar biasa. Dilengkapi vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zat seng, almond memang oke. Vitamin B dan magnesium-nya membantu menenangkan dan mengendalikan mood. Zat seng-nya ampuh melawan stress dan vitamin E-nya kaya akan antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas penyebab stress sekaligus melawan sakit jantung. Cukup konsumsi satu genggam tangan saja per harinya karena jika kelebihan, kandungan lemaknya sanggup menggemukkan.


Popcorn
Gelisah sehingga menyebabkan Anda tidak dapat tidur? Pilih cemilan popcorn. Mengapa? Karena karbohidrat akan membuat badan kita melepas serotonin, senyawa kimia dalam otak yang akan membuat Anda merasa rileks. "Tapi pastikan bahwa popcorn yang anda nikmati rendah atau bahkan bebas lemak, karena lemak yang ada akan memperlambat proses pelepasan serotonin, sehingga akan bertahan lebih lama di badan Anda, dan Anda akan lebih rileks," kata Elizabeth Somer, R.D.


Sushi
Pecinta makanan Jepang yang satu ini boleh bangga karena ternyata manfaat sushi memang banyak. Rumput laut yang sering menjadi bahan campurannya ternyata punya khasiat mirip ikan yang juga ada dalam campuran sushi. Pantothenic acid yang terkandung di dalamnya penting bagi kelenjar adrenal yang bermain penting bagi managemen stress tubuh. Kurangnya pantothenic acid bisa menyebabkan infeksi, kelelahan dan rasa gelisah berlebihan.


Coklat
Coklat akan membantu anda mengangkat mood anda! Coklat dipenuhi dengan anadamin, dan feniletilamin, yang membantu kerja syaraf dan akan membuat perasaan anda lebih tenang dan merasa lebih bahagia!


Nenas dan berry
Bingung karena harus memilih yang mana sehingga membuat Anda stress? Antioksidan yang berasal dari buah atau sayuran dengan warna yang cerah lebih kuat membantu melawan radikal bebas yang membuat memori Anda tetap menempel kuat, "Karena otak Anda menyerap banyak sekali oksigen, maka antioksidan akan membantu mengurangi kerusakan otak karena oksidan yang ada," demikian kata Elizabeth Somer, R.D. Dan pada saat kebingungan, bukankah kita harus berpikir jernih dengan otak kita?


Ikan
Hampir semua jenis ikan mengandung vitamin B lengkap, terutama B6 dan B12 yang paling penting bagi pereda stress. Lebih jauh, vitamin B12 adalah vitamin paling penting dalam menciptakan zat â?~kesenanganâ?T yang diproduksi otak. Kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan depresi. Coba salad ikan tuna untuk makan siang atau makan malam Anda. Selain itu, makanan yang kaya akan omega 3, seperti ikan salmon, bisa melindungi Anda dari penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan oleh Diabetes & Metabolism menemukan bahwa omega 3 dapat menghambat pertumbuhan hormon kortisol yang menyebabkan stress serta peningkatan tekanan darah.


Sayuran hijau
Brokoli, kangkung dan sayuran lain yang berwarna hijau tua adalah sayuran yang sangat bermanfaat menurunkan stres, karena kandungan vitaminnya yang melimpah dapat â?~mengisi ulangâ?T energi tubuh yang terkuras saat pikiran dalam keadaan tertekan.


Roti gandum
Roti, nasi putih atau kue bisa mengenyangkan tapi setelah itu Anda bisa mengantuk dan bahkan menjadi gemuk jika kebanyakan. Tapi gandum punya efek lain, bisa mengenyangkan sekaligus pengendali stress dalam jangka waktu lama.


Susu
Sebelum mengkonsumsi, cari jenis susu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Intinya, minuman ini memiliki antioksidan yang menghancurkan radikal bebas pemicu stress. Bisa dikonsumsi pagi atau malam hari sebelum tidur.


Tertarik untuk mencoba??

Sumber : Info Sehat.com

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur
JUAL ECERAN DAN GROSIR PRODUK PERNAK PERNIK UNIK BISA UNTUK HADIAH, HIASAN ATAU DIJUAL KEMBALI ... PASTI MENGUNTUNGKAN, Kunjungi situsnya: PERNAK PERNIK UNIK.

Bisnis Pulsa Paling Mudah Bonus Besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat