Berita Terbaru

20100211

RUANG DAPUR

Bukan hanya rumah saja yang harus menyediakan ruang dapur tetapi kantor dengan 5 orang pun perlu juga menyediakan ruang dapur untuk keperluan intern maupun menjamu relasi yang berkunjung.

Namun ruang dapur untuk kantor tidak perlu kompleks, cukup dengan dapur segaris dengan modul 4 unit kabinet bawah (base cabinet) beserta “kitchen sink” dan kabinet gantung (wall cabinet).

Pola kerja segitiga

Tidak seperti dapur di kantor, dapur untuk rumah tangga harus mengikuti pola kerja segitiga yaitu pengaturan bak cuci (kitchen sink), kompor dan lemari pendingin. Jarak antara lokasi aktivitas (contoh: bak cuci) dengan peralatan sebaiknya tidak melebihi 180 cm.

Bak cuci (sink)

Usahakan bak cuci mendapatkan cahaya alami seperti di depan jendela, tidak jauh dari tempat sampah (-/+ 230 cm), cukup ruang untuk bergerak.

Kompor & meja kerja

Kompor sebaiknya tidak di depan jendela & tidak di dekat pintu untuk menghindari bertiupnya angin ke kompor, jauh dari gas serta terdapat ventilasi di atasnya & jangan lemari gantung.

Terdapat meja kerja minimal 40 cm di sisi kiri dan kanan kompor untuk memudahkan aktivitas dalam memasak. Ketinggian meja kerja sebaiknya sama dengan kompor.

Microwave boleh ditempatkan pada area ini, yang perlu diperhatikan adalah jarak untuk bukaan pintu dari alat tersebut.

Lemari pendingin

Adalah salah satu alat yang penting dalam pola kerja segitiga dan cukup sulit peletakannya. Bukaan pintu lemari pendingin harus di atur agar tidak mengganggu aktivitas kerja, orang lewat atau menghalangi lokasi lain ketika terbuka.

Ruang dapur dapat terpisah atau pun tergabung dengan ruang makan. Pemisahan bisa dilakukan dengan menata kabinet atau membuat dinding pembatas.

Tata cahaya ruang dapur

Pengaturan lampu untuk ruang dapur dapat di bagi menjadi 2 fungsi + 1 opsional:

  • Fungsi pencahayaan menyeluruh, lampu di tempatkan di plafon.
  • Fungsi pencahayaan area kerja, lampu di tempatkan di bawah kabinet gantung.
  • Opsi pencahayaan aksen, lampu di tempatkan di dalam kabinet gantung yang berpintu kaca.

Sumber : Blog.interiorkantor.com

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur
JUAL ECERAN DAN GROSIR PRODUK PERNAK PERNIK UNIK BISA UNTUK HADIAH, HIASAN ATAU DIJUAL KEMBALI ... PASTI MENGUNTUNGKAN, Kunjungi situsnya: PERNAK PERNIK UNIK.

Bisnis Pulsa Paling Mudah Bonus Besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat